Jumat, 22 November 2013

Universitas dan PPI Polandia

Berminat kuliah di Eropa? Tentu! Berminat kuliah di Polandia? Wah, di mana itu? Amerika selatan ya? Hihi. Polandia itu negara di Eropa Tengah, Uni Eropa juga loh, visa Schengen, jadi sambil kuliah di Polandia bisa jalan-jalan juga ke Paris, ke Roma. Ooh baiklah. Nah, mungkin bisa dipertimbangkan beberapa universitas berikut. Umumnya universitas terbaik di Polandia adalah universitas negeri yang sudah berumur ratusan tahun.

Uniwersytet Warszawski (UW)
berdiri sejak 1816, merupakan universitas terbesar di Polandia dengan beragam program studi. Sesuai namanya, berlokasi di Warsaw. Tahun ini kembali mendapat rating pertama sebagai universitas terbaik di Polandia.

Uniwesytet Jagielloński (UJ)
berada di kota Krakow, didirikan pada 1364 menjadi universitas tertua di Polandia. Setiap tahun bersaing dengan UW dalam ranking universitas di Polandia.

Politechnika Warszawska (PW)
Dulu saya mengira ini seperti politeknik di Indonesia yaitu sekolah tinggi untuk pendidikan keahlian profesional. Kok Papa riset di sini siy, ga keren. Hehe. Ternyata PW adalah ITB-nya Polandia. Didirikan pada 1826 di Warsaw. Hampir semua bidang studinya mempelajari sains dan teknologi.

Uniwersytet im. Adama Mickiewicza (UaM)
berdiri sejak 1919 di kota Poznań. Adam Mickiewicz adalah nama seniman Polandia, namun di universitas ini tidak hanya mempelajari seni, melainkan banyak bidang keilmuan lain termasuk mata kuliah Bahasa Indonesia di Fakultas Sastra. Kemudian banyak mahasiswa Polandia yang mengikuti mata kuliah ini tertarik mengikuti program beasiswa Darmasiswa ke Indonesia.

Politechnika Wrocławska
didirikan pada 1910 di Wroclaw, merupakan universitas teknologi terbaik di Polandia versi Webometrics dengan 12 fakultas sains dan teknologi.

QS world university rankings 2013

Membandingkan berdasarkan QS world university rankings di atas, malah lebih bagus sekolah di Indonesia dong? Tidak juga. Bandingkan saja fasilitas penunjangnya; peralatan laboratorium, akses jurnal, seminar, Indonesia sih kalah jauh. Sehingga saya curiga, mengingat versi  university rankings ini pun bermacam-macam, jangan-jangan ada konspirasi *analisis ngarang*.

Jumlah mahasiswa Indonesia di Polandia dulu masih bisa dihitung dengan jari. Kemudian setelah Polandia menjadi bagian Uni Eropa, mulai banyak program pertukaran pelajar, seperti Erasmus Mundus dan AIESEC, mulai dari 1 bulan hingga 2 semester. Lainnya beasiswa S2/S3 baik dari pemerintah Indonesia maupun EU selama beberapa tahun. Jadi, sekarang lumayanlah ada belasan mahasiswa di Polandia. Tetep masih sedikit ya.

Menurut berita koran, jumlah pelajar Indonesia di Eropa sekitar 7000 orang. Persentase belasan orang di Polandia jadi bisa diabaikan, bukan? Oleh karena itu, secara de jure, belum ada PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) di Polandia. Namun, ada komunitas masyarakat Indonesia di Polandia yang karena jumlahnya sedikit justru akrab satu sama lain, sering makan-makan, kumpul-kumpul, dan arisan. Sebagian besar adalah diplomat dan staff KBRI, spouse yang menikah dengan orang Polandia, serta pekerja. Grup PPI Polandia bisa disearch di facebook, bukan khusus pelajar tetapi Pemuda Pemudi Indonesia atau Putra Putri Indonesia di Polandia.
update: per 2015 organisasi PPI Polandia telah diresmikan di bawah KBRI. 

https://www.facebook.com/groups/PPI.Poland/

5 komentar:

  1. halo kak iis, aku dimas mau tanya tanya dong tentang Poland boleh lewat email gak ya?

    BalasHapus
  2. Hi kak iss, aku tertarik sama polland nih, semenjak tau kalau polland juga termasuk uni eropa. kalau ingat polland ingatnya ke penemu penemu besar kimia jaman dulu seperti marrie currie :D kak mau nanya boleh, di polland ada ga ya univ khusus fotography atau perfilman??

    BalasHapus
  3. Hi kak iss, aku tertarik sama polland nih, semenjak tau kalau polland juga termasuk uni eropa. kalau ingat polland ingatnya ke penemu penemu besar kimia jaman dulu seperti marrie currie :D kak mau nanya boleh, di polland ada ga ya univ khusus fotography atau perfilman??

    BalasHapus
  4. Hi kak iss, aku tertarik sama polland nih, semenjak tau kalau polland juga termasuk uni eropa. kalau ingat polland ingatnya ke penemu penemu besar kimia jaman dulu seperti marrie currie :D kak mau nanya boleh, di polland ada ga ya univ khusus fotography atau perfilman??

    BalasHapus