Rabu, 20 November 2013

Praha: Istana di Seluruh Kota

Sungai Vlatava membelah kota, memisahkan left bank dan right bank. Jembatan-jembatan dibangun di atasnya. Satu yang tercantik adalah Karluv most. Selain disuguhi pemandangan kota beserta sungainya, di sepanjang Karluv most juga dipajang sekitar 30 patung artistik. Melengkapi romantisnya kota ini,berjejer gembok-gembok cinta yang mengharap Praha mengabadikan kisah mereka.

D7K_0318

D7K_0404
Karluv most dan gembok-gembok cinta

Di left bank terdapat kompleks kastil kuno terbesar di dunia serta distrik lain dengan banyak taman publik. Kastil berada di atas bukit, dengan katedral St Vitus yang menjulang paling ikonik. Masuk dari Hradcany square, kastil dikelilingi bangunan abad pertengahan: istana Schwarzenberg, istana Archbishop, dan istana Sternberg. Masuk kastil, halaman pertama ada gerbang Matthias. Halaman kedua ada taman kerajaan dan air mancur. Berjalan lagi ke halaman selanjutnya tibalah di katedral raksasa St Vitus. Di sekelilingnya ada old royal palace, story of prague castle, St George square (basilica, convent, powder tower), George street (golden lane, lobkowicz palace, toy museum), dan taman-taman.

D7K_0391
pemandangan kota dari bukit kastil
 
Membandingkan kastil-kastil di Polandia, yang kecil, gratis pula, tapi "isi" istananya sudah membuat saya melongo kagum. Maka, kastil Praha yang besar, tiket yang lumayan mahal -250 czk perorang untuk tiket short tour-, kami yakin pasti lebih bagus. Ternyata, yeah dont judge a book by its cover! Ekspektasi kami salah banget. Jadi, daripada menggerutu, sebaiknya ga usah beli tiket masuk. Tampilan luar sudah cukup, jauh lebih bagus.

Setelah juga mendapati kenyataan tiket yang mahal ini tidak dilengkapi akses gratis toilet, kami turun dari kastil dengan malas. Kami ke halaman museum Kafka, spot favorit Dede, salah satu karya David Cerny yang tersebar menghiasi kota Praga. Judulnya Proudy: dua orang pipis di genangan berbentuk peta Ceko, air pipisnya bergerak merangkai huruf kutipan sastra Ceko. Kamu juga boleh mengirim sms ke +420 724 370 770 dan mereka akan bergerak pipis sesuai sms Kamu. Keren!

D7K_0400 - Copy
Proudy, pipisin Ceko (?)

Menyebrang Karluv most, menyusuri jalan Karlova hingga old town square, old town hall dan astronomical clock, satu jam astronomi tertua yang masih berfungsi. Banyak bangunan mirip Polandia siy, jika saja semua old town di semua kotanya digabungkan.

D7K_0274
astronomical clock

Ah, arsitektur di Praha ini sangat kaya dan kompak, megah dan bersejarah. Sayang, kami belum menjelajah semua mala strana, stare mesto, nove mesto, dan distrik-distrik suburb lain. Seharian sama sekali tidak cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar