Kamis, 23 Januari 2014

Pertama Tiba di Warsaw

Panduan ini disusun untuk memudahkan teman-teman, terutama mahasiswa muda, yang baru pertama kali datang tak dijemput pulang tak diantar ke Warsaw. Semoga membantu.

bandara Chopin Warsaw

Tiba di bandara Chopin

Alur perjalanan saya mulai dari bandara Chopin -bukan bandara Modlin-. Meskipun merupakan bandara utama di ibukota negara, tapi percayalah bandara Chopin itu kecil dan sederhana, bahkan lebih mudah dibandingkan bandara Soekarno-Hatta. Setelah melewati custom dan mengambil bagasi, semua penumpang akan keluar dari terminal kedatangan 2 (gambar 1) -Terminal kedatangan 1 masih direnovasi-. Meskipun hanya satu terminal, di jam paling sibuk sekalipun, terminal kedatangan ini tidak pernah terlalu sesak, selalu nyaman, aman, dan terkendali.

Oia, panduan ini dibuat low budget, jadi mari skip tawaran mamang-mamang taksi. Silakan memilih transportasi umum: bus atau kereta SKM. Melangkahlah penuh percaya diri mengikuti petunjuk jalan. Di lantai di dalam bandara terdapat panah menuju beberapa pintu keluar (gambar 2). Banyak panah lainnya masih berlanjut di luar bandara menuju halte bus dan stasiun kereta (gambar 3).



Tambahan saran, jangan menukar uang di kantor/exchange di dalam bandara. Kalaupun terpaksa, tukarlah seperlunya dulu nanti tukar lagi di kantor lain. Intinya, sebelum menukar Euro atau Dolar ke Zloty, wajib perhatikan nilai tukarnya, pilih yang selisih nilai jual dan beli tidak terlalu jauh. Demi Neptunus! Jangan cuma bawa Rupiah ke luar negeri, ga akan laku.

Menuju pusat kota Warsaw

Jarak dari bandara ke pusat kota Warsaw sekitar 10 km, bisa ditempuh kurang dari 30 menit menggunakan transportasi umum. Tiket bus dan kereta adalah sama. Dapat dibeli di kios ZTM di sudut timur terminal 2, bisa sambil konsultasi sama Mbak-nya (gambar 4). Atau beli di mesin tiket di halte bus dan di stasiun kereta (gambar 5). Atau langsung naik kendaraan dan langsung beli tiket ke sopir bus atau masinis. Tiket satu kali jalan berharga 4,4 zl, diskon setengah harga jika memiliki kartu pelajar Eropa. Tiket ini nantinya harus divalidasi di mesin berwarna kuning di dalam kendaraan.



Halte bus berada tepat di seberang pintu keluar bandara, eye catching dengan papan halte, bangku tunggu, dan mesin tiket. Tunggulah bus berhenti di situ. Untuk ke pusat kota, gunakan bus nomor 175 jurusan Pl Piłsudskiego (gambar 6). Nanti turunlah di stasiun kereta api utama Dw Centralna, atau di Centrum untuk melanjutkan dengan metro.



Sedangkan dari pintu keluar bandara ke stasiun kereta perlu berjalan sebentar mengikuti panah petunjuk sampai menemukan eskalator ke bawah (gambar 7). Kereta SKM berwarna merah dan hijau (gambar 8 dan 9). Keduanya sama akan melewati pusat kota, berhentilah di stasiun Centralna.



Lebih lengkap mengenai transportasi umum di Warsaw bisa dibaca di sini dan di sini. Sedangkan informasi resmi bisa diperoleh di sini. Aplikasi untuk smartphone bisa mengunduh di sini.


Menuju kota lain

Jika kota tujuan bukan Warsaw, perjalanan perlu dilanjutkan, dengan Polskibus atau kereta api. Jika memilih Polskibus, pastikan sudah memesan tiket online dan menyimpan bukti nomor bookingnya -Tiket juga dijual offline, tapi saya tidak yakin ketersediaannya-. Perhatikan juga Polskibus yang dipilih akan berangkat dari terminal mana, metro Młociny atau metro Wilanowska. Jika metro Wilanowska, dari bandara Chopin bisa langsung naik bus nomor 331. Armada Polskibus berwarna merah mencolok, bisa ditemukan di terminal bus di metro Wilanowska (gambar 14).

Jika dari metro Młociny, gunakan bus 175 tadi, turun di Centrum. Kemudian menyebranglah melalui lorong bawah tanah dan ikuti petunjuk menuju stasiun metro. Stasiun yang dimaksud adalah tiga terowongan kaca berlatar belakang menara Palace Culture and science (gambar 10). Masuklah dari terowongan pertama, bertuliskan kierunek Młociny, artinya metro jurusan Młociny (gambar 11). Naiklah kereta metro (gambar 13) selama sekitar 18 menit sampai pemberhentian terakhir. Turun dari metro, ikuti petunjuk menuju terminal bus. Polskibus di peron 1 (gambar 14).



Pilihan transportasi kereta api menurut saya lebih nyaman. Kecuali kalau membawa bagasi berukuran besar, mungkin sulit mengangkatnya. Tiket kereta api juga tersedia sampai last minute tanpa booking. Dari pemberhentian bus di Dw Centralna langsung menyeberang melalui bawah tanah, mengikuti petunjuk arah ke main hall. Selanjutnya, mengantri di loket tiket atau bertanya lebih jelas di loket informasi (gambar 15 dan 16). Lalu naik kereta di peron yang sesuai (gambar 17). Semua informasi ditulis jelas di banyak papan pengumuman (gambar 18).



Tentang transportasi antarkota antarprovinsi di Polandia bisa dibaca di sini.


Meminta bantuan

Kalau masih bingung juga, bertanyalah pada teman yang lebih mengenal Polandia. Kalau tidak punya teman, bisa menghubungi PPI Polandia, *atau boleh juga mengirim email ke saya*. Tidak menutup kemungkinan ada yang menawarkan menjemput. Pilihan alternatif juga bisa ke KBRI.

Sebenarnya melakukan perjalanan sendirian tentu menjadi sebuah pencapaian pribadi yang menyenangkan. Asalkan mempersiapkan baik-baik dan membaca petunjuk, pasti bisa. Penduduk lokal, terutama anak muda, juga menguasai sedikit bahasa Inggris dan akan membantu. Jadi, cobalah berpetualang.

3 komentar:

  1. SLAmat siang kakaka
    Dan salam kenal,
    Nama saya Syawal Abdullah
    Sekarang kuliah swasta di jogja, mau diskusi beasiswa di polandia, biasanya kapan ya kak?

    BalasHapus
  2. kaka boleh share infonya tentang bagaimana proses pendaftaran untuk kuliah disana? beseerta persyaratannya. ohiya kaka disana kuliah atau kerja ka? terimakasih
    infonya sangat bermanfaat bagi saya:)

    BalasHapus
  3. Selamat Pagi.
    Saya mahasiswa dari universitas islam indonesia. Saya 16-20 maret ada di warsaw, poland, untuk mengikuti international conference di university of finance and management. Siapa tau bisa bersilaturahmi dengan rekan2 PPI Polandia. Saya menginap di Al. Jana Pawła II 26 apartment no: 802
    Terima Kasih

    BalasHapus