Selasa, 17 September 2013

Transportasi Umum di Warsaw #1

Tidak seperti di Belanda yang mobilitas utamanya dengan bersepeda, atau di Italia yang lebih baik berjalan kaki (eh itu siy saya aja pelit). Pelajaran pertama dan salah satu yang terpenting untuk survive di Warsaw adalah transportasi umum. Sesuai info di sini, semua penumpang berkewajiban membaca peraturan dan ketentuan tambahannya.


ZTM (Zarząd Transportu Miejskiego) adalah pengelola angkutan umum Warsaw dan perbatasan sehingga menciptakan jaringan koneksi yang nyaman di wilayah konurbasi Warsaw. ZTM bertanggung jawab mengatur rute, jadwal, menjual tiket dan memeriksa tiket. Angkutan umum yang dimaksud adalah tram, bus, metro dan kereta api cepat dalam kota.



Tram, kereta rel di jalan raya, diberi nomor 1-79 dengan 1-39 untuk koneksi dasar, 40-49 untuk waktu tertentu (misalnya pada jam sibuk), dan nomor lain untuk jalur khusus atau pengganti.

Bus standar diberi nomor 100-399 dengan nomor 300-399 untuk waktu tertentu. Bus 400-599 adalah jalur cepat dengan pemberhentian lebih sedikit, nomor 400-499 untuk waktu tertentu. Bus E adalah bus ekspres yang menghubungkan daerah-daerah terpencil dengan pusat kota dan hanya berhenti di halte tertentu. Bus 700-899, dengan nomor 800-899 untuk waktu tertentu, meliputi wilayah perbatasan. Bus malam ditandai huruf N yang berjalan di luar jadwal siang, yaitu antara jam 11 malam sampai jam 5 pagi, setiap 30 atau 60 menit, melayani rute yang berbeda dengan rute siang, dan berpusat di Dworzec Centralny (Central Railway Station).

Jalur metro, kereta bawah tanah, menghubungkan distrik Bielany dan Ursynów melalui pusat kota. Metro berjalan dengan frekuensi padat pada jam 05:00-1:00, pada Jumat dan Sabtu sampai jam 03:00.
 
Kereta cepat dalam kota Szybka Kolej Miejska (SKM) ditandai dengan huruf S dan nomor dengan rute hingga perbatasan.

ZTM juga mengelola transportasi lain untuk turis dan sarana berlibur, seperti ferry, watertram, kapal di sungai Vistula hingga Serock, serta delman di kota tua. Kereta dan bus suburban juga terintergrasi dengan ZTM. Sepeda publik Veturilo merupakan pilihan transporasi yang juga mudah dan lebih sehat, lengkapnya di sini.

di sebuah stasiun veturilo


Zona tiket yang dilayani oleh ZTM dibagi menjadi dua zona, 1 dan 2 . Zona 1 meliputi wilayah Warsaw, dan zona 2 di luar perbatasan. Perjalanan melalui zona 1 dapat menggunakan semua jenis tiket ZTM. Sedangkan perjalanan di zona 2 harus dengan tiket zona-1-dan-2. Penumpang dapat mulai menggunakan tiket zona-1-dan-2 tersebut paling lambat di perbatasan zona.

halte perbatasan zona 2


Tiket ZTM dapat dibeli di jaringan penjualan, antara lain di kantor pelayanan ZTM, di kantor pos, di kios resmi, mesin penjual di sekitar halte atau di dalam kendaraan. Harga tiket di semua tempat penjualan adalah sama. Jadi, walaupun harga minuman di warung boleh mark-up jauh mahal, tetapi harga tiket ZTM tidak. Kalau kesulitan menghapal bahasa Polandia saat membeli di kios dan tidak beruntung menemukan mesin tiket di jalan, kita bisa langsung naik kendaraan dan berdoa semoga ada mesin tiket di dalamnya. Jika masih tidak beruntung juga karena kendaraan yang dinaiki tidak dilengkapi mesin tiket, kita bisa langsung beli kepada sopir. Untuk alternatif terakhir ini, sangat penting untuk membaca sikon. Pastikan kita melakukan pembelian secara efisien, ketika sopir sedang berhenti mengemudi, jangan mengajak berdiskusi, dan bayarlah dengan uang pas, prosesnya harus kurang dari 3 menit.

Tiket adalah berupa kartu kertas dengan strip magnetik. Sedangkan tiket personal Warszawska Karta Miejska adalah berupa kartu bertuliskan nomor, nama, dan foto pemilik.



Harga tiket short term zona 1-dan-2: 20 menit = 3,4 zl; 40 menit = 4,6 zl; 60 menit = 6,4 zl. Harga tiket single fare zona 1 = 4,4 zl; zona 1-dan-2 = 7 zl. Harga tiket 1 hari zona 1 = 15 zl; zona 1-dan-2 = 24 zl, tiket 3 hari zona 1 = 30 zl; zona 1-dan-2 = 48 zl. Harga tiket personal: 30 hari zona 1 = 100 zl; zona 1-dan-2 = 196 zl, tiket 90 hari zona 1 = 250; zona 1-dan-2 = 474 zl. Diskon 50% untuk siswa dan mahasiswa Polandia dengan menunjukkan student ID. Tarif lengkap di sini.

Teknis menggunakan angkutan umum dibahas di posting selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar