Selasa, 07 Januari 2014

Wroclaw #2

Kami ke Wroclaw di hari terakhir pasar natal di kota tua, berpusat di alun-alun utama (rynek). Rame! Hilmi berulang-ulang minta naik komidi putar, sampai saya pusing. Kami juga banyak jajan makanan khas Polandia. Dan ada macam-macam jualan barang-barang menarik.

pohon natal besar di rynek

tiga keliling dan masih mau lagi

Alun-alun utama bergaya abad ke-13 ini didominasi balai kota Wrocław. Di sudutnya terdapat gereja St Elisabeth (Bazylika Sw. Elżbiety) dengan menara 91,46 m yang memiliki dek observasi. Di sebelah utaranya adalah Monumen Peringatan Hewan untuk Penyembelihan. Di sudut lainnya adalah Alun-alun Garam, yang sekarang menjadi pasar bunga. Ada juga gereja St Mary Magdalene (Kosciol Sw. Marii Magdaleny).

balai kota Wroclaw

Bagian tertua Wrocław sebenarnya adalah Ostrów Tumski. Dulu dikenal sebagai Pulau Katedral (Ostrów = pulau) di cabang-cabang Sungai Oder, karena terdapat Katedral Wrocław yang terbesar yang dibangun pada abad ke-10. Ostrów Tumski ini indaah sekali.

katedral

legenda gembok cinta ini di mana-mana

Selain itu, objek wisata Wroclaw meliputi Centennial Hall (Hala Stulecia) yang termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO, museum nasional dengan koleksi seni kontemporer, air mancur multimedia yang paling menarik sayangnya hanya ada pada musim panas, taman Szczytnicki dengan taman Jepang, kebun binatang tertua dan terbesar di Polandia yang berkonsep safari, kebun botani, Municipal Stadium merupakan arena UEFA Euro 2012. Lainnya Universitas Wrocław, gereja Nama Yesus, Ossolineum, panorama Raclawicka, menara air Wrocław, istana Wrocław yang menjadi museum kota Wrocław, Arsenal (gudang senjata), sinagog White Stork, makam tua Jewish, makam tentara Italia, stasiun utama Wrocław, museum arsitektur, museum sejarah alam Universitas Wroclaw, piast brewery, opera, pulau Slodowa, dan kurcaci khas Wrocław.

konon kurcaci bekerja membantu manusia malam hari supaya tak terlihat

Kurcaci (dwarf / krasnale) Wrocław adalah patung-patung kecil yang tersebar di jalan, di tiang, atau di jendela toko di seluruh kota Wroclaw. Pertama kali muncul pada 2001 memperingati sebuah gerakan Orange Alternative dan terus berkembang hingga lebih dari 250 kurcaci. Menemukan kurcaci di tempat tak terduga rasanya seru. Setiap wisatawan bisa berlomba menelusurinya. Lalu, berapa kurcaci yang kamu temukan?

prekuelnya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar