Selasa, 07 Januari 2014

Wroclaw #1

Wrocław terletak di dataran rendah Silesia di sungai Oder, kota terbesar keempat di Polandia, ibukota provinsi Dolnośląskie. Telah menjadi bagian Kerajaan Polandia, Bohemia, Kekaisaran Austria, Prusia, dan Jerman. Dipilih sebagai ibukota kebudayaan Eropa 2016 .

Karena berjarak 7 jam dari Warsaw, butuh motivasi luar biasa untuk mengunjungi Wroclaw. Alasan utamanya menemui teman Dede, Tante Fitria yang sangat child-friendly. Bonusnya, jalan-jalan di kota yang ternyata cantik juga.

bersama Nesibe dan Fitria

Objek wisata paling menarik di Wroclaw adalah Ostrów Tumski dan kota tua. Wroclaw juga memiliki banyak pusat perbelanjaan: Galeria Handlowa Sky Tower, Galeria Dominika, Pasaz Grunwald, Arkady Wrocławskie, Magnolia Park, Centrum Handlowe Korona, Renoma, Feniks, dan Wrocław Market Hall. Di sekitar alun-alun terdapat banyak pub dan klub malam. Terdapat aquapark dengan kolam renang indoor dan outdoor. The Festival of Good Beer diadakan setiap tahun pada akhir pekan kedua bulan Mei. Cara populer mengelilingi kota pada musim panas adalah berlayar dengan kapal pesiar kecil di sungai Oder, tujuan umumnya gunung Sleza.

kota tua
ostrow tumski

Fasilitas Wroclaw menyediakan internet WiFi gratis di seluruh kota. Namun semua toilet umum berbayar. Sepertinya Warsaw saja yang punya banyak "toi-toi" di taman dan pusat keramaian, serta toilet gratis yang sangat nyaman di mall.

Akses menuju Wroclaw didukung sebuah bandara internasional dan pelabuhan, meskipun kecil, di sungai Oder. Jalur jalan raya yang sangat baik memungkinkan koneksi cepat dengan berbagai kota Polandia, Ceko, Ukraina, Dresden, dan Berlin. Terminal bus berdekatan dengan stasiun kereta utama Wrocław Główny. Tiba di stasiun saat subuh menciptakan kenangan buruk buat saya. Oia, jalur kereta sedikit lebih lambat dibandingkan jalur bus.

Transportasi umum di Wrocław tersistem baik. Utamanya adalah tram, kemudian bus. Seperti di kota lain di Polandia, tiket dapat dibeli di kios dan mesin di halte maupun di dalam kendaraan. Tiket sekali jalan atau per waktu. Selain ada juga sejumlah perusahaan taksi swasta, penyewaan sepeda, dan jalur khusus sepeda.

tram

sekuelnya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar