Kamis, 12 Maret 2015

Visa Schengen Polandia

Sebelumnya, saya pernah membuat Visa Nasional Polandia, proses apply-nya diceritakan di sini. Visa nasional adalah visa tipe D dengan status seperti residence card atau KTP (karta pobytu dalam bahasa Polandia), bersifat long term, untuk visa saya berlaku 365 hari. Di visa saya waktu itu tertulis multi entry, artinya saya bisa bebas keluar masuk Polandia selama masa berlaku visa tersebut, saya bisa keliling negara Schengen, bahkan keluar negeri ke manapun dan boleh kembali ke Polandia berkali-kali. Perlu diperhatikan karena teman di negara Schengen lain mempunyai visa single entry, jadi walau diizinkan tinggal setahun tetapi sekali meninggalkan negara itu tidak bisa kembali lagi.

Nah sekarang saya apply lagi Visa Schengen tipe C, short term dengan masa tinggal maksimum 90 hari. Sekalian update beberapa tahapan yang berubah. Beginilah ceritanya..

1. Membaca informasi visa di website kedutaan Polandia 
Lalu persiapkan dokumen yang dibutuhkan.
  • Form aplikasi yang sudah diregister online
  • Paspor asli dan copynya
  • Asuransi perjalanan
  • Foto dua lembar, dengan ketentuan berikut 
  • Bukti transfer biaya visa
  • Bukti finansial: rekening bank atau kontrak kerja dan atau bukti hubungan keluarga dengan penanggung dana
  • Tiket pesawat
  • Surat undangan resmi

2. Mengisi form aplikasi secara online di https://secure.e-konsulat.gov.pl/
Pilih Polish Embassy Jakarta, pilih Schengen visa, pilih tanggal yang sesuai yang bisa datang ke kedutaan untuk submit aplikasi. Jika registrasi ini berhasil, akan muncul nomor registrasi dan jam kapan sesuai tanggal yang kita pilih untuk nanti submit aplikasi.

3. Transfer biaya visa
ke rekening bank HSBC kedutaan Polandia. Biaya visa adalah IDR 1.006.000 dan free untuk anak-anak di bawah 6 tahun.

4. Submit aplikasi ke kedutaan Polandia
di Jl. H.R Rasuna Said Kuningan, daerah macet banget. Kami nyampe telat, hampir jam 9, padahal di form aplikasi PapaMi jadwal submitnya jam 8.30. Ternyata memang konsulernya belum buka, baru buka jam 9. Konsulernya itu buka Selasa jam 12-15, Kamis jam 9-12, dan Jumat jam 9-12.

5. Menungguu 2-3 mingguu. daan.. selesai
Tidak ada pemberitahuan kalau visa selesai, harus kita telepon menanyakan, apalagi kontak via email lebih tidak berprospek. Waktu itu Jakarta banjir besar, entah berhubungan atau tidak, telepon kedutaan Polandia mati semua, baru seminggu kemudian bisa dihubungi.
Visa kami selesai tiga minggu, lumayan mepet dengan waktu keberangkatan. Berlaku pas sebulan sesuai itinerary tiket pesawat dan hanya 2 entry. Bagaimanapun, alhamdulillah.

14 komentar:

  1. Halo Mbak Iis,

    Aku juga rencana nya mau apply visa poland tapi yang long term, soalnya rencananya mau nikah di sana sam wn poland (fiance)
    Tapi sebelum nya belum pernah ke Eropa, (travel record nya minim)

    Tapi selain dokumen di atas, kira-kira apa ada dokumen lain yang perlu aku lampirin ya ?

    Ini berarti aku apply visa Poland tipe apa ya baiknya?

    BalasHapus
  2. Hi Mba Iis, salam kenal ya. Saya berencana untuk apply national visa type D. Invitation letter sedang diurus di Poland. Saya lagi bingung untuk finansial proof. Kalau ada sponsorship letter, apa saya masih perlu finansial proof individual atau dari orang tua saya. Rekening saya mengenaskan. Oh ya mba is, kamu skrg masih di Poland ga? Ada rencana kah menetap di Poland untuk long term lagi? Please kindly reply me thru private email ya Dudidamdam90@gmail.com Terima Kasih. Desy Nataliya

    BalasHapus
  3. Halo Tiara. Untuk longterm saya kira apply visa nasional tipe D. Saya pernah posting juga sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Hi Desy. Copy rekening tabungan imho sebaiknya tetap disertakan karena disebutkan sebagai syarat kelengkapan dokumen, dan iya mungkin bisa ditambah copy rekening orangtua jg. Administratif saja, kalaupun nanti disana kenapa2 toh dicover asuransi.
    Semoga sukses!

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Halo mba. Saya mau tanya nih. Sy kan dapat undangan gitu dari polandia untuk kegiatan AIESEC. Nah itu saya dibiayai kampus. Jadi untuj rekening saya boleh pake rekening kampus gk mba? Soalnya rekening saya menyedihkan. Maklum mahasiswa

    BalasHapus
  7. Halo mbak Iis, mau tanya kalau asuransi perjalanan itu wajib ya? Apakah itu tidak termasuk asuransi yang ada di tiket pesawat? Kalau boleh tau bagaimana cara mendapatkan asuransi perjalanan ya? Mohon pencerahannya :) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Iya, asuransi perjalanan wajib, tidak include di tiket pesawat, hrs beli terpisah di perusahaan asuransi atau tanya ke agen perjalanan. Ada ACA, AXA, Allianz, bisa dicari yg paling cocok.

      Hapus
    2. Terima kasih mba sudah berkenan menjawab, sangat bermanfaat sekali. Tapi masih ada pertanyaan lagi. Waktu mba buat visa sampai 3 minggu itu karena kendala komunikasi ya? Karena tidak ada pemberitahuan dari pihak kedutaan? Jadi apakah ada kemungkinan visa bisa jadi dalam 1 minggu jika pihak kedutaan bisa kita hubungi? Dan apakah bisa asuransi perjalanan untuk saya dibuatkan oleh pihak penjamin dari Polandia (bukan asuransi Indonesia)?

      Hapus
    3. waktu pembuatan visa sy tdk tahu, hrs ditanyakan langsung. Klaimnya 2 minggu sptnya sulit kl jd 1 minggu.
      utk asuransi tdk masalah, asal coverage memenuhi persyaratan. beberapa asuransi, misal AXA schengen memang basednya bukan di Indonesia tetapi bs utk syarat visa, kl dr Indonesia jd beli secara online, tdk masalah siapa yg membelikan.

      semoga sukses!

      Hapus
    4. Halo mba Iis. Apakah saat membuat visa ada sesi interview? Jika iya, pertanyaan apa saja yang diajukan?

      Hapus
    5. Halo Aga. pengalaman sy membuat visa tidak ada interview.

      Hapus
  8. Halo Mbak Iis, terima kasih sudah sharing pengalamannya.

    Mau tanya, di website resmi mereka tidak dicantumkan nomer telfon, hanya email. Apa nomer telfon baru diberikan saat kita sudah melakukan pengajuan?
    Atau apa pertanyaan seputar visa dapat langsung ditanyakan melalui email sekertariat kedutaan?
    Mohon infonya ya, Mbak Iis.

    BalasHapus
  9. Halo mbak is.. makasih sangat bermanfaat info nya.
    Mau tanya juga dong mbak, asuransi perjalanan itu kira2 berapa ya nominalnya?
    Makasih ya mbak.

    BalasHapus