Selasa, 24 Maret 2015

Mieszanka Studencka

Membaca Mieszanka studencka -dalam bahasa Polandia- atau Student mix -dalam bahasa Inggris- atau campuran pelajar, apa yang Kamu pikirkan? Mahasiswa dari berbagai negara? Bukan! Apakah sejenis makanan? Hah?! Begitulah. Campuran pelajar ini dikenal di Eropa sebagai makanan dengan kombinasi khusus untuk pelajar. Saya membayangkan ramuan magic rahasia sebagai alasan bule-bule itu menjadi sepintar sekarang. Hehehe.

Nama lainnya trail mix. Ternyata adalah paduan kacang-kacangan dan buah kering. Kacang tanah, almond, mede, hazelnut, bercampur kismis, manisan cranberry, persik, bahkan coklat permen dalam satu kantong. Makanan bergizi yang sederhana sehingga menjadi makanan wajib bagi pendaki gunung.


Mieszanka studencka disebut studentenfutter (student feed) di Jerman, studenterhavre (student oats) di Denmark, dan diákcsemege (student delicacy) di Hungaria. Mengapa hampir semua negara Eropa menyebutkan student? Berikut beberapa alasan dari seriouseat.com
  • Nutrisi bagi otak, tidak hanya untuk pendaki gunung, untuk pelajar juga. Meski hanya makanan ringan tetapi mencakup protein, serat, dan lemak baik, energy booster selama begadang sambil belajar apalagi di masa ujian yang berhari-hari. Pilihan camilan yang lebih sehat bergizi daripada sekedar keripik atau biskuit di vending machine.
  • Terjangkau. Dibanding hidangan siap saji, apalagi makanan di restoran, jelas mieszanka studencka adalah pilihan paling murah dan paling tepat untuk pelajar dengan budget terbatas.
  • Sederhana, ga ribet. Tidak perlu dimasak atau dihangatkan, makanan ini bisa langsung dimakan. Mudah disimpan, tidak butuh kulkas, tidak butuh space luas, mudah dibawa, bahkan cuma dikuwel-kuwel di saku ransel. Dan tahan lama, tidak basi walau berminggu-minggu tanpa kulkas.
Kesimpulannya, campuran pelajar adalah nama yang unik berupa kombinasi kacang-kacangan dan buah kering; makanan yang relatif bergizi dan praktis untuk pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar