Kamis, 12 Maret 2015

Akomodasi di (Polandia) Warsaw

Pengalaman PapaMi pertama ke Polandia, tinggal di asrama. Disediakan pihak kampus dan sangat murah. Jadi, inilah pilihan akomodasi paling recommended. Kamu hanya perlu menjadi mahasiswa di salah satu kampus di Polandia -semua kampus pasti punya asrama- lalu mintalah petunjuk mengenai fasilitas ini. Kecuali setelah tinggal lama, Kamu mungkin merasa asrama menjadi tempat yang kurang nyaman. Jorok, kamar sempit, teman ga asik, party-party yang berisik, etc etc.

Pilihan lain, flatshare. Berbagi satu apartemen dengan satu atau beberapa orang lain. Kamu tetap bisa punya tempat tidur sendiri, kamar sendiri, bahkan kamar mandi sendiri, menjaga privasi, mungkin hanya berbagi dapur atau living room. Ada banyak pilihan apartemen yang bagus, bersih, atau luas. Flatshare ini cukup terjangkau, misalnya apartemen 2000 zloty bisa dibagi tiga menjadi sekitar 700 zloty perorang perbulan. Mencarinya bisa di myflatshare.com atau easyrent.pl

Untuk keluarga atau lebih privasi adalah menyewa apartemen secara utuh. Harganya beragam, bergantung luas, jarak ke pusat kota, dan jumlah penghuni. Sebagai contoh, apartemen tipe studio (satu ruangan) adalah tipe paling budget, tetapi kalau lokasinya dekat Centrum harganya akan lebih mahal bisa 1000 zl untuk satu orang atau 1500 zl untuk 3 orang karena biaya pengelolaan apartemen dihitung perorang. Mencari apartemen bisa di gumtree.pl, domiporta.pl, olx.pl atau http://rentflatpoland.com/ gratis atau di agen apartemen yang biasanya dikenai charge seharga sewa sebulan.

Jika tidak berencana tinggal lama, hanya liburan beberapa hari di Polandia, pilihan akomodasi terbaik saya rekomendasikan dari booking.com. Pilihannya banyak, sesuaikan saja dengan budget dan kenyamanan Kamu. Hostel serupa asrama mahasiswa dengan bunk bed dan shared toilet. Atau apartemen kecil yang homey. Atau hotel berbintang lengkap dengan breakfast dan dinner. Di Warsaw harganya mulai dari 24 zl permalam di dorm sampai 1000 zl di Hotel Bristol. Kecuali Hotel Bristol yang memang paling keren di Warsaw, biaya menginap di Polandia itu jauuhh lebih murah dibandingkan ibukota lain di EU.

Hotel Bristol di old town Warsaw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar