Senin, 30 Maret 2015

Rumah Chopin di Żelazowa Wola

Sebulan kembali ke Warsaw adalah penuh (menemani) jadwal ujian dan sidang PapaMi. Ketika seorang teman menawari jalan-jalan sebelum pulang, tentu saja senaang sekali. Apalagi tempat-tempat yang akan kami kunjungi memang sulit dijangkau transportasi umum. Serunya, kami enam orang, sedangkan mobil hanya cukup berlima. Jadilah Hilmi dipangku, yang kalau di sini anak-anak wajib di carseat. Setiap kali ada polisi, Hilmi disembunyikan, ditutup jaket di kolong kursi. Kasiannya..

berenam. Anna, baby, Mbak Neni, saya, Hilmi, (dan PapaMi)

Tujuan wisata pertama kami adalah rumah Chopin di Żelazowa Wola. Fryderyk Chopin adalah komposer dan pianis kelahiran Polandia yang sangat dibanggakan. Saking terkenalnya, kami penasaran beli CD dan berulang memutar musik-musiknya. Bahkan sampai sekarang. Terus-terusan mendengarkan musik klasik membuat saya merasa jadi orang kaya. Hahaha.

Ayah Chopin, Nicolas Chopin, adalah seorang Prancis yang bermigrasi ke Polandia sebagai pengajar. Nicolas menikahi Justyna Krzyżanowska, kerabat Skarbek yang miskin. Skarbek adalah salah satu keluarga aristokrat di mana Nicolas bekerja. Chopin lahir di rumah Skarbek di Żelazowa Wola, tepatnya di paviliun kecil untuk pelayan dekat rumah utama. Namun sejak usia Chopin tujuh bulan, ia dan keluarga pindah ke Warsaw.

Rumah Skarbek di Żelazowa Wola ini sempat rusak terbakar. Atas banyak sumbangan, konser amal, terutama pecinta musik Chopin dari berbagai negeri, tanah Skarbek dan sekitarnya berhasil dibeli. Lalu dibangun monumen, museum, rumah, dan taman. Pada 2010, tahun Chopin, Żelazowa Wola tampil baru. '

Kami ke sini Senin, museum tutup. Saya hanya melihat dari luar. Paviliun modern dari batu dan kaca, katanya di dalamnya adalah ruang-ruang pameran untuk turis yang mendekati kebenaran sejarah sebagai tempat kelahiran Chopin. Setelah paviliun ini terdapat area penjualan tiket, peminjaman audioguide, gift shop, cafe, dan lounge tempat pemutaran film sejarah Żelazowa Wola. Paviliun kedua adalah concert hall yang selama musim panas menggelar konser musik Chopin. Terakhir, taman: hal yang wajib ada di tempat wisata manapun di Polandia. Taman Żelazowa Wola adalah taman artistik dengan danau, jembatan, lampu, dan tanaman-tanaman langka, masih hasil sumbangan seluruh negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar