Jumat, 11 November 2016

Garden of Morning Calm (아침고요수목원)

Sejak lama baca review-review bagus tentang taman bunga ini. Garden of Morning Calm, diambil dari sebuah puisi terkenal yang menggambarkan negeri Korea pada masa dinasti Joseon. "the Land of the Morning Calm". Tetapi karena merupakan taman privat, harga tiket masuknya 9000 won, lumayan mahal. Akhirnya, baru sekarang kesampaian juga mengunjunginya.

sunken garden yang paling picturesque
pond garden, tempat syuting love in the moonlight

Lokasi Garden of Morning Calm di kota Gapyeong relatif mudah dijangkau, baik dari Chuncheon maupun Seoul. Menggunakan subway, lebih dekat turun di stasiun Cheongpyeong, daripada Gapyeong. Berdasarkan petunjuk visitkorea, kami harus keluar di Cheongpyeong exit 1 lalu jalan ke kanan sampai pertigaan lalu belok kanan lalu lurus sampai gereja lalu lewat sekolah. Di sini saya koreksi, karena setelah gereja ada perempatan, menuju sekolah harus belok kiri, sedangkan menuju terminal seharusnya lurus saja sampai lampu merah, lalu belok kiri lalu lurus sampai terminal. Dari terminal bus, lanjutkan naik bus 31-7 sampai pemberhentian terakhir di 아침고요수목원. Di terminal Cheongpyeong juga ada Gapyeong city tour bus, bisa sekalian hop on hop off di Pulau Nami, Petite France, dll. Tarif tour bus adalah 6000 won, sangat tidak ekonomis kalau tujuan wisata sehari hanya satu, dibandingkan bus 31-7 yang cuma bayar 200 won karena masih menyambung dengan tarif subway.

Musim gugur, apalagi akhir pekan, adalah suatu keniscayaan bahwa Gapyeong, terutama Pulau Nami akan penuuhh sekali dikunjungi. Walaupun cukup ramai juga di Garden of Morning Calm, tetapi dipastikan memiliki jumlah oksigen perkapita yang lebih layak. Saya tidak sepenuhnya mengerti, tetapi berakhir pekan di manapun di Korea selalu berjubel-jubel. Rasanya hampir sama dengan Bandung di hari Sabtu. Berbeda dengan liburan yang tenang di Polandia, bahkan Warsaw yang lengang di akhir pekan. Fyi, keseluruhan luas wilayah Korea Selatan adalah 100.210 km2, mirip Pulau Jawa 126.700 km2. Pertumbuhan penduduknya lambat, populasi Korea Selatan hanya sekitar 49 juta jiwa dengan kepadatan sekitar 500 jiwa/km2. Sementara jumlah penduduk Pulau Jawa 160 juta jiwa dengan kepadatan penduduk di barat Jawa lebih dari 1.500 jiwa/km2. Maka, menurut analisis sotoy saya, tingkat kesejahteraanlah yang menciptakan konspirasi ini.

Tidak seluas gambaran leafletnya, Garden of Morning Calm cukup dikelilingi intensif dalam satu jam saja. Pohonnya banyak, sejuk, berwarna-warni di musim gugur begini. Bunga-bunga juga banyak banget dan cantik, selalu diperbaharui temanya sesuai musim. Sayangnya tidak ada playground untuk anak, jadi sebagus bagaimanapun Hilmi bilang taman ini jelek.

taman berbukit-bukit
selalu ada greenhouse di setiap taman bunga
millennium juniper, pohon berusia lebih 1000tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar