Kamis, 06 Oktober 2016

Perpustakaan di Warsaw, Polandia

Perpustakaan umum, biblioteka publiczna dalam bahasa Polandia, sebelumnya mengalami masa-masa sulit. Bangunan tua, sepi, kurang diminati, pun koleksi buku-bukunya semakin usang. Menghadapi tantangan ini, pemerintah menambah anggaran dan memperbaharui perpustakaan. Mereka melakukan digitalisasi katalog dan sistem keanggotaan dengan software-software baru, pelatihan bagi pustakawan, menambah akses internet, termasuk ke publikasi elektronik, CD musik dan video, serta menyelenggarakan banyak acara menarik di perpustakaan dan mempromosikannya.



Sayang sekali saya tidak pernah punya foto-foto perpustakaan di Warsaw. Foto inipun hasil googling, adalah Przystanek Książka, salah satu perpustakaan yang diperbaharui di distrik (setingkat kecamatan) Ochota. Di satu distrik biasanya ada sekitar belasan perpustakaan yang dikelola pemerintah daerah, selain ada juga perpustakaan yang dikelola sekolah, universitas, dan perpustakaan nasional.

Meskipun perpustakaan kecil, Przystanek Książka --dan perpustakaan lokal lain yang saya kunjungi-- sangat nyaman dan membuat betah. Yang menarik, perpustakaan tidak melulu dipenuhi buku, tetapi juga memiliki koleksi multimedia, selain playground indoor untuk anak-anak. Ada ruang baca luas yang kadang digunakan untuk acara budaya, seperti story telling, diskusi buku, atau mengundang penulis terkenal. Tersedia komputer berinternet yang sesekali malah digunakan anak-anak main game. Meja-meja baca dilengkapi pula peralatan untuk mendengarkan musik dan menonton video, dengan koleksi CD lumayan beragam. Koran dan majalah pun update edisi terbaru.

Perpustakaan lokal ini gratis bagi warga yang tinggal di distrik bersangkutan, sedangkan non-warga boleh berkunjung tetapi untuk akses peminjaman harus menyimpan uang deposit sejumlah tertentu. Peminjaman juga bisa dilakukan online sehingga tidak perlu lama memilih-milih buku di perpustakaan, cuma perlu datang sebentar dan langsung mengambil buku-buku yang sudah dipesan. Katalog untuk perpustakaan Ochota ada di http://bpochota.waw.pl/

Nah, selamat berkunjung ke perpustakaan. Selamat membaca! Czytania Miłego!

2 komentar:

  1. Hi Mba Iis, Saya Desy dan kebetulan tinggal di warsaw juga. Mba Iis apa masih di warsaw? Kalau sempet mungkin bisa ketemu dan jalan bareng :) kalau bisa mungkin bisa contact saya di nomor untuk whatsapp +6281808504717 atau email : Dudidamdam90@gmail.com

    Salam kenal ya.

    Makasih.

    Desy Nataliya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desy, sayang sekali sy sdh tidak tinggal di Warsaw. Mgkn bisa join grup facebook, https://www.facebook.com/groups/252261231624823/ ada banyak teman2 lain yg pasti senang diajak jalan bareng :)

      Hapus