Rabu, 15 Juni 2016

11 Hal Menarik tentang Orang Polandia

Sebelum cukup qualified untuk menulis tentang Korea Selatan, saya tulis tentang Polandia dulu ya. Berdasarkan pandangan subjektif saya, orang Polandia itu....

1. Merayakan "hari nama" lebih (atau sama) penting dibanding hari ulangtahun.

Setiap orang Katolik punya nama depan yang dipilih dari nama seorang saint (santa). Pada kalender Katolik, masing-masing hari dalam satu tahun menjadi hari suci bagi satu nama saint. Jadi, ada satu hari tertentu yang merupakan hari suci saint yang sama dengan namanya, itulah hari nama, name day, atau imieniny. Orang Polandia biasanya merayakan hari nama seperti hari ulangtahun: berkumpul dengan keluarga, teman, memberi hadiah dan bunga.

2. Bertepuk tangan saat pesawat mendarat.
Bagi saya, ini kebiasaan yang seru. Pernah saya tulis di sini.

3. Membawa bekal telur rebus dalam perjalanan.
Kalau bepergian ke luar kota, saya sering dihadapkan dengan bau telur rebus. Apalagi di kereta, di mana kami selalu ditempatkan di kompartemen prioritas untuk manula dan anak-anak, rasanya para babcie wajib makan telur rebus selain permen wawel.

4. Setuju bahwa kiełbasa adalah oleh-oleh paling enak dari Polandia.
Ini siy hasil baca forum-forum. Orang Polandia sangat bangga pada kiełbasa, sosis khas Polandia, sehingga selalu menyarankannya sebagai oleh-oleh. Sedangkan menurut pendapat kebanyakan orang di forum, sosis ya sosis.


5. Acara tv yang berbahasa asing tidak di-dubbing atau subtitle, melainkan voice over.
Voice over itu memperdengarkan dua suara secara bersamaan: sayup-sayup suara asli berbahasa asing (misal bahasa Inggris) yang ditimpa suara laki-laki dewasa menterjemahkan ke bahasa Polandia. Saya pernah menulis di sini.

6. Bahasa Polandia dinobatkan sebagai bahasa paling sulit di dunia.
Saya tidak belajar bahasa Polandia, tetapi menemukan banyak sekali kata yang entah bagaimana melafalkannya. Saya pernah menyebutkan satu merk pasta gigi flouride di apotek, "elmex gel", dua pharmacist-nya langsung linglung. Coba apa bedanya elmex gel dengan elmex żel? Atau coba masukkan kalimat ini di google translate dan dengarkan: "w Szczebrzeszynie chrząszcz brzmi w trzcinie i Szczebrzeszyn z tego słynie". Ah sudahlah. Selain pronunciation, bahasa ini bertambah sulit karena grammar: seven cases, seven gender.

7. Orang Polandia itu jarang senyum.
Saya menuliskannya di sini.

8. Laki-laki (masih) mencium tangan wanita saat bertemu
Sebagai sapaan sopan dan bentuk penghormatan terhadap wanita. Pada masa sekarang mulai ditinggalkan terutama karena alasan kebersihan, berganti sekedar jabatan tangan atau cipika cipiki untuk yang lebih akrab. Tetapi dibandingkan negara Eropa lain, kebiasaan ini masih lebih lazim ditemui di Polandia.

9. Percaya bahwa tim nasional sepakbola Polandia bisa menang.
Poin ini mungkin kontroversial, hehe. Mirip orang Indonesia, orang Polandia juga fanatik sepakbola dan sangat mencintai tim nasionalnya.


10. Menambahkan saus tomat di pizza.
Di negara asalnya, dan benuanya, memanggang pizza itu sudah pasti bersama topping keju dan pasta tomat. Berbeda di Polandia, pizza tidak selalu dilapisi pasta tomat, melainkan disajikan terpisah dengan saus garlic dan ketchup.

11. Menyimpan tempat sampah di bawah kitchen sink.
Peraturan baku di semua rumah, posisi tempat sampah harus sama: di dapur di bawah sink.

 Ada yang mau menambahkan lagi?

4 komentar:

  1. Pacar saya orang Polandia hehe

    BalasHapus
  2. hal lucu bagi warga polandia apa?

    BalasHapus
  3. Hal lucu bagi orang polandia ketika diajari bahasa daerah di indonesia.
    Seperti ketika Mariusz sy ajari bahasa jawa.

    Dia tersenyum dan ketawa saat mendengar logat jawa. Bukan penghinaan tp dia heran dan penasaran krn belum pernah dia dengar logat jawa.

    Hal baru buat Mariusz sesuatu yg lucu,unik,membuat dia penasaran.

    BalasHapus