Senin, 09 Juni 2014

Keramik Bolesławiec

Sejak berabad lalu, keramik merupakan salah satu bentuk seni utama di Eropa Timur: berwarna putih biru, unik, fungsional sebagai peralatan dapur, dan tahan lama. Keramik paling terkenal berasal dari kota Bolesławiec, Polandia, sehingga disebut miasto ceramiki (kota keramik). Secara geografis Bolesławiec kaya akan tanah liat alam berkualitas yang cocok untuk produksi keramik selama lebih dari seribu tahun. Saya berkesempatan ikut dengan rombongan ibu-ibu Darma Wanita Polandia mengunjungi kota ini. Pabrik-pabrik, sederetan toko, dan limpahan keramik yang dipajang dengan harga sangat miring. Melupakan makan siang, kami makan beling, hehehe. Tidak ada alasan untuk bersegera pulang.

teko raksasa di seantero kota

Sebagian besar gerabah Bolesławiec kini diproduksi oleh kooperasi CPLiA dengan banyak seniman, baik skala pabrik maupun studio kecil. Semua keramik asli Bolesławiec bertuliskan "hand made in Poland" pada bagian bawahnya. Warna paling umum saat ini adalah putih dan biru tua, beberapa dengan tambahan warna krem, hijau, kuning, coklat, merah atau ungu. Desain yang terkenal berupa titik, bunga abstrak, kincir, dan ekor merak. Keramik Bolesławiec populer di Amerika Serikat --menjadi peralatan makan di Gedung Putih-- digunakan di Kerajaan Inggris, selain di Jerman dan Eropa Timur, dikumpulkan oleh kolektor, dan menjadi bagian dari banyak koleksi museum, salah satunya terdapat di Museum Keramik Bolesławiec. Dengan komersialisasi industri kini keramik Bolesławiec dijual di seluruh dunia untuk penggunaan sehari-hari, meskipun harganya cukup mahal --berbeda dengan keramik Cina yang hanya untuk dikoleksi--.

berjam-jam di Ceramika Artystyczna sampai tokonya tutup

Harga keramik ini tergantung pada ukuran, jenis, kualitas, serta kerumitan motif. Apalagi jika sebuah keramik dibuat khusus oleh seorang seniman keramik, dari awal sampai akhir, keramik tersebut ditandai "Unikat" di bagian bawahnya, berarti unik, langka, dan berkualitas lebih baik sehingga harga menjadi lebih tinggi. Setiap keramik juga memiliki sticker qlty 1, 2, 3, atau 4. Qlty 1 berarti kualitas sempurna, dan nomor selanjutnya menunjukkan penurunan kualitas karena kesalahan motif atau cutting yang saya kira tidak terlalu signifikan. Misalnya, mangkuk qlty 1 berharga 29 zl dan mangkuk qlty 4 dengan motif yang sama berharga 20 zl dengan beberapa coretan kecil di motifnya.

keramik dipajang berdasarkan motif.
di toko lain berdasarkan jenis barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar