Sabtu, 15 Februari 2014

Kue dan Puding dari Polandia

Membahas makanan khas Polandia, berikut adalah menu dessert. Ah, saya jadi lapar. Mari mengkhayal saja. Selamat makan, smacznego.

Paczki • donat
Makanan ringan tradisional khas yang mudah ditemukan. Roti bulat, kecoklatan, manis, lembut, berisi selai, budyn, keju, atau cokelat, bertabur gula atau icing dan kulit jeruk. Donat ini jamak dimakan pada hari tlusty czwartek, lengkapnya di sini.

Faworki • sayap malaikat
Selain donat, kue lain pada tlusty czwartek adalah faworki / jaworki / chrust. Saya suka banget -sebelumnya harus dipastikan tidak mengandung smalec atau lemak babi-. Kuenya digoreng, tipis berbentuk pita cantik, rasa kuning telur, manis bertabur gula.

kalau saya membuatnya sendiri, tidak pernah secantik ini

Sernik • cheesecake
Di Polandia ada banyak jenis cheesecake, beda komposisi, beda pengolahan, beda rasa. Paling umum adalah cheesecake panggang yang getas, selain ada juga yang tanpa dipanggang. Biasanya ditutup saus coklat, buah, dan jeli.

sernik panggang (kiri) dan tanpa dipanggang (kanan)

Makowiec • kue biji poppy
Semacam kue bolu gulung dengan isian biji poppy yang padat. Saya baru tahu sebagian poppy bisa dimakan, ternyata enak banget. Makowiec biasa disajikan saat natal dan paskah. Pembahasan hidangan dengan biji poppy di sini.

Piernik • kue jahe
Kue jahe adalah biskuit natal yang terkenal, sampai ada di fairy tale. Di Polandia namanya piernik, terbuat dari gandum, tepung, susu, telur, karamel, madu, dengan tambahan kayu manis, jahe, cengkeh, kapulaga, pala, atau lavender. Bedanya dengan biskuit jahe, piernik berbentuk tebal gendut, dilapis cokelat, diisi manisan buah atau kacang. Karena berisi rempah yang (di Eropa) mahal, kue ini melambangkan kemakmuran dan status sosial yang tinggi.

piernik adalah kue khas dari Torun

Sekacz • kue pohon
Kata sekacz berasal dari sek, berarti simpul. Merupakan bolu panggang dengan pola spiral seperti pola batang pohon, sedikit mirip lapis legit tapi rasanya beda.

berawal dari tradisi bangsa Tartar

Mazurek • tart shortcrust Paskah
Kue pendek yang tampak bantat dengan dekorasi meriah. Rasanya sangat manis, menjadi alasan potongan kotak sangat kecil karena biasanya tidak makan terlalu banyak. Ada bermacam Mazurek: dengan kacang, manisan buah, atau selai, permukaan icing gula, cokelat, krowka, buah kering atau segar, almond, atau kismis.


Beberapa kue lain, seperti babka wielkanocna yaitu kue tradisional Paskah, dan chałka yaitu roti gandum putih, keras, manis, khas Yahudi yang memiliki nilai religius dan filosofis.

Kisiel dan Budyn • puding jeli buah
Kiesel adalah makanan penutup berupa jeli yang biasa disajikan panas, terbuat dari sari buah (jus air) dan tepung kentang sebagai pengental. Sedangkan budyn terbuat dari susu -bukan air-, kebanyakan rasa vanili atau cokelat. Namun beberapa orang membuat puding asin dari jamur atau sayuran .


kisiel (kiri) dan budyn (kanan)

Kogel Mogel
Dessert sederhana terbuat dari kuning telur mentah dan gula, disajikan hangat atau dingin. Kemungkinan berasal dari Yahudi dan populer pada masa komunisme ketika tidak banyak tersedia makanan manis.


3 komentar:

  1. Hallo mbak iis fatma, saya mau tanya tentang Krakow Polandia, bisakah saya minta email nya. Karena mudahmudahan bulan April akan berangkat kesana.
    Terimakasih

    Indah, mahasiswa UGM Jogja
    atau bisa contact di : indah_kjy@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Halo Indah, email saya iis.fatma@gmail.com

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus