Senin, 10 Februari 2014

Permen dan Coklat dari Polandia

Ngomongin coklat di bulan Februari, bukan berarti merayakan valentine. Mau bulan apa juga, orang Polandia memang sangat suka dan bangga terhadap produk permen dan coklat mereka. Ke manapun pergi harus bekal ini di tas. Termasuk nenek-kakek yang ketemu Dede, baik sekali menawarkan permen dan coklat. Moreover, the biggest section of any grocery store in Poland is the candy section. Sebagian besar adalah produk perusahaan coklat terbesar di Polandia: E Wedel, Wawel, dan Milka.

Krowka • permen susu
Krowka (sapi kecil) adalah permen susu yang dibungkus potongan kertas bergambar sapi. Permen ini berwarna karamel, lembut, liat, lengket di mulut. Sama banget sama permen susu Lembang.



Ptasie Mleczko • coklat mousse
Ptasie Mleczko berarti susu burung, bukan yang sebenarnya, melainkan light sweet mousse, yaitu susu jeli yang sangat halus, dilapis coklat.



Panska Skorka • kulit agung
Permen putih - pink dibungkus kertas yang dijual terutama pada hari-hari besar agama. Dikenal juga dengan nama miodek turecki (madu Turki).



Czekoladowe Cukierki atau Praliny • macam-macam coklat
Beragam coklat lokal kemasan kecil yang biasanya dijual curah dengan kemasan warna-warni mirip permen. Misalnya kasztanki adalah coklat dengan isian kacang dengan remahan kecil wafer yang renyah. Malaga adalah coklat semi- cair mengandung irisan plum. Saya paling suka Tiki Taki berisi kelapa. Sliwki w Czekoladzie yaitu manisan plum berlapis coklat. Ada juga beberapa varian Michalki dan trufle -trufle ini sebagian variannya berisi alkohol bersama potongan aprikot dan ceri-. Sebagian lain lebih merupakan permen, karena hanya mengandung sedikit sekali coklat. Bahkan ada yang tidak mengandung coklat sama sekali, seperti kukulki, permen berisi alkohol sekitar 1,5 %.



Prince Polo
Merk wafer coklat terkenal dari Polandia yang dijual juga di negara-negara lain di Eropa Tengah dan Islandia. Ini seperti wafer Superman versi premium.



Galaretka • jeli
Jeli buah sederhana berwarna-warni bertabur gula, teksturnya agak rapuh berbeda dengan permen Yupi.



Sezamki • karamel wijen
Snack batangan tipis yang terbuat dari wijen dicampur karamel, rasanya mengingatkan pada noga kacang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar