Kamis, 07 Februari 2013

Hari Donat Nasional

Barusan Papa ke warung, kasirnya menawarkan donat, jadi beli. Ternyata hari ini memang 7 Februari, Fat Thursday, atau Shrovetide. Tradisi untuk puas-puasin makan manis, terutama donat. Kalau melewatkan memakannya, konon setahun tersebut tidak akan beruntung. Maka, setiap orang harus makan donat banyak-banyak. Sehari ini saja bisa orang-orang Polandia menghabiskan sekitar 10juta donat. Wow. Karena seminggu setelah hari ini sampai paskah tiba, orang-orang katolik akan pantang makan manis-manis.

dari polska.pl


Donat khas Polandia ini namanya pączki. Menurut legenda, pertama kali dibuat oleh Ibu Krapf, seorang Austria, untuk memberi makan para prajurit Vienna. Donat mencapai Polandia bersama tentara yang kembali dari Pertempuran Vienna. Dulu donat dibuat dan digoreng dengan lemak babi. Kini donat dibuat dari tepung terigu, ragi, diisi penuh marmalade mawar, kelopak mawar yang digiling dengan gula, atau petal yang populer di wilayah Malopolska. Donat dapat juga diisi dengan buah, puding atau selai. Setelah digoreng dan didnginkan, donat ditaburi gula bubuk atau ditutup icing gula dan dihias dengan manisan kulit jeruk.

Marmalade mawar mungkin menjadi bagian paling sulit dalam pembuatan donat. Mengumpulkan kelopak mawar hanya dapat dilakukan pada bulan Mei sebelum fajar. Pada larut malam kelopak mawar masih segar menyerap embun, sedangkan di bawah matahari menjadi lembek. Maka, kelopak-kelopak itu dikumpulkan sebelum matahari terbit dan diolah menjadi selai atau digiling dicampur gula selama 12 jam. Marmalade tradisional bahkan dimasak selama selama tiga hari.

Kalau repot membuat sendiri di rumah, beli saja. Semua toko cukierna dan piekarnia pasti menjual donat spesial hari ini. Donat bulat, tidak bolong, besar, empuk, maniis, dan tentu saja enak. Nyamnyam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar