Jumat, 30 Maret 2012

Bersyukur

Bersyukur menghabiskan setiap detik yang saya punya sama dede, buat dede. Melihat segala lucu dan bertumbuhnya dari waktu ke waktu. Bersyukur juga atas adanya papa, teman buat berbagi, mendengar keluh saya dan menggantinya dengan cinta yang jauh menyenangkan. Bersyukur di ruang kecil ini tak banyak beban yang perlu saya uruskan. Bersyukur untuk semua bahagia dan hampir dua tahun yang teristimewa.

Namun nyatanya saya masih rapuh juga. Ketika papa ga ada dan hari tak sesederhana siklusnya. Kadang sepi. Kadang pengen marah-marah sendiri. Tuhan, mohon jadikan saya perempuan yang kuat dan penyabar, istri yang baik, ibu yang baik..

Di luar flat di sini, saya memang ga punya teman, ga kenal siapa-siapa. Dengan orang Poland yang hampir selalu menyapa, tentu saya terkendala bahasa. Nie mowiÄ™ po polsku, saya tidak bicara bahasa poland.. Maka saya mencoba berteman dengan sesama ibu-ibu Indonesia, semuanya istri dan pegawai kbri. Ternyata terlalu eksklusif. Saya menjadi nerd dan terasing. Jika di Indonesia mudah meratapi fakta ini, saya masih punya orangtua dan saudara buat teman belanja dua hari dua malem sambil mabuk-mabukan, memupus sepi. Berbeda di sini, saya sungguhan alien sendiri.

Ah, saya galau lagi.

Berkubur di rumah pun kadang memuakkan. Kolaborasi mood yang buruk, pekerjaan rumah tak terselesaikan, dan ketidakpekaan membaca dede. Saya meledak! Kalau sudah gitu, kasian dede nangis setelah saya bentak-bentak. Saya cuma peluk dede. Maafin mama ya. Padahal dede baik, selalu baik. Ga ada anak yang nakal, yang ada hanya orang tua yang kurang sabar.

Ya, saya harus banyak lagi belajar menjadi perempuan yang kuat dan penyabar. Saya mau menjadi tough woman behind great men, mendukung cita-cita papa, mendukung cita-cita dede, mewujudkannya sama-sama, dan menjadi alasan mereka bahagia.

Betapa saya seharusnya bersyukur. Bukankah saya sangat beruntung, mempunyai teman-selamanya sebaik papa? Bukankah saya sangat beruntung, ada dede yang selalu mencium saya dan ketawa dengan masih lima giginya? Bukankah saya sangat beruntung, berkesempatan mengalami dingin ekstrimnya Warsaw bahkan rencana jalan-jalan ke negeri-negeri menara? Bukankah saya seharusnya sangat bersyukur?


Tuhan, terima kasih atas rumah kecil saya; papa dan dede. Mohon jadikan saya perempuan yang kuat dan penyabar, istri yang baik, ibu yang baik. Aamiin.

5 komentar:

  1. I feel you, Iis....aku dulu juga mengalami fase itu. sekarang juga masih, tapi ga sesering dulu. biasalah namanya hidup ga selamanya berjalan mulus sesuai yang kita harapkan. akhirnya cari kesibukan sendiri (karena pada dasarnya aku ga terlalu suka sering kumpul-kumpul), nyalurin hobi, belajar bahasa jepang sama volunteer. kendala bahasa memang menyusahkan, bahkan sampai sekarang. cuek saja. kalau bisa pake bahasa tarzan asal sama2 ngerti hehehe....
    Insya Allah semakin lama akan semakin bisa adaptasi dan menemukan ritme yang enak buat seluruh anggota keluarga.
    be strong ya, buat diri sendiri, papa, dan dede.
    #huggggssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaaak Diaaaaann!! Huuggsss juga T.T
      seandainya Mbak Dian di warsaw, tiap hari sy datengin rumahnya, cubitin Aoi.
      Amin buat doanya.. saya sudah mengumpulkan niat buat kursus bahasa. semoga mengurangi galau :D

      Hapus
  2. Iiiis, bolehkan aku memasukan foto suamimu dan si dede di blog ku???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangga Pe.. terimakasih postingnya. pengen menulis tentangmu jg, tp malu ah masih amatir :D

      Hapus
    2. mauuuu atuuuuh diwawancara sama ibu muda yg pernah ngalamin cerita mistis di lab kimia ini, kekekekeke…Iiiiis ditunggu cerita mistinya, kakakakakaka! Gue lagi keranjingan cerita bgonoh, entah mengapa T.T

      Hapus