Rabu, 01 April 2015

6 Kota Terbaik untuk Dikunjungi di Polandia

*Silakan membaca paragraf di bawah dengan gaya narasi tv shopping*馃榿
Anda berkesempatan berlibur di Polandia? Namun bingung harus ke mana saja? Waktu Anda terbatas sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya? Kami punya solusinya! Berikut adalah tempat-tempat terbaik yang sudah disusun seefisien mungkin sebagai referensi itinerary Anda. Mulailah dari urutan pertama. Semakin lama waktu tinggal Anda di Polandia, semakin memungkinkan melanjutkan perjalanan wisata ke nomor urut selanjutnya. Selamat liburan!

1. Warsaw
Mulai dari ibukota Polandia, kota yang paling mudah dijangkau dari negeri manapun. Warsaw memiliki kota tua (stare miasto) yang cantik, menawan, dan menyenangkan dikunjungi bahkan berpuluh kali. Selengkapnya saya tulis di sini. Pada musim dingin, merayakan natal, kota tua bertambah cantik dengan pohon natal raksasa, hiasan warna-warni, dan lampu-lampu gemerlap di malam hari. Saya menulisnya di sini. Sedangkan pada musim panas, air mancur di dekat kota tua menampilkan pertunjukan multimedia, seperti begini
 
kota tua Warsaw
Bangunan iconic lain berada di Centrum, pusat kota, yaitu Pa艂ac Kultury i Nauki yang merupakan menara tertinggi di Warsaw. Trzydziestka adalah teras luas di Pa艂ac lantai 30 yang bisa dikunjungi turis untuk melihat panorama kota Warsaw dari ketinggian. Selain itu, di Warsaw ada banyak sekali taman yang bagus. Paling terkenal adalah taman 艁azienki dengan istana-istana dan danau besarnya (艁azienki Kr贸lewskie). Istana besar lain berada sedikit jauh dari pusat kota, yaitu istana Wilan贸w. Pada musim dingin, taman Wilan贸w buka sampai malam karena ada labirin dan lampu warna-warni seperti di kota tua. Oia, kecuali masuk istana, semua tempat seru tersebut bisa dikunjungi secara gratis.

2. Krakow
Berjarak hampir 300 km dari Warsaw, menuju Krakow menggunakan kereta cuma butuh 2,5 jam. Krakow adalah kota paling menarik, paling banyak tempat wisatanya, bagus-bagus, paling banyak turis, paling berbahasa Inggris. Saya paling suka kastil Wawel, istana paling picturesque dan megah se-Polandia. Kota tua Krakow juga bagus sekali, luas, dan breathtaking. Pusat kota tua adalah Rynek G艂贸wny, dengan Sukiennice tempat penjualan souvenir yang relatif murah dan lucu-lucu. Saya menulis tentang istana Wawel di sini, dan tentang kota tua di sini.

Rynek G艂贸wny di kota tua Krakow

Agak jauh dari pusat kota Krakow, ada tambang garam Wieliczka yang sangat tekenal. Meski padat pengunjung, termasuk di bus, bahkan pada hari kerja, tetapi pengelolaan semuanya cukup baik sehingga sangat worth to visit. Masuk ke kedalaman bumi, gelap, ada banyak bangunan dan patung dari garam, bahkan danau, keseluruhannya seru sekali. Jika tidak bersama anak-anak, perlu dipertimbangkan juga kunjungan sejarah ke Auschwitz-Birkenau, memorial dan museum camp konsentrasi Nazi Jerman.

3. Malbork
Tidak banyak turis mengunjungi kota ini, namun The Castle of the Teutonic Order di Malbork tidak diragukan keindahannya. Istana gothic, bangunan bata terbesar di Eropa, dan istana benteng terluas di dunia. Perjalanan saya sehari ke Malbork ditulis di sini. Cukup jauh dari Warsaw, perjalanan sebaiknya dilanjutkan ke Gdansk.

istana Malbork

4. Gdansk
Buat saya, kota tua Gdansk menempati urutan kedua paling bagus, setelah Krakow. Sayang, perlu waktu lima jam berkereta mencapainya, dan karena dekat laut, cuacanya juga lebih sangat dingin. Gdansk merupakan pusat kerajinan amber, semacam batu akik terkenal dari Polandia, dengam beragam model perhiasan yang authentic dan semuanya cantik. Tentang kota tua Gdansk, saya tulis di sini.

Melipir ke arah laut, ada Sopot. Pantai terkenal di Polandia yang dalam setahun bisa dinikmati sebulan - dua bulan saja. Kami pernah ke sini pada April, mengira cuaca akan sejuk untuk main ombak dan pasir, ternyata malah badai salju. Dekat pantai Sopot kami melihat rumah bengkok yang bentuk bangunannya unik sekali.

5. Zakopane dan Tatra
Tidak dilewati jalur kereta, mencapai Zakopane harus melalui Krakow, jadi bisa mampir-mampir dulu meredakan kebosanan selama perjalanan panjang. Sebagai pusat wisata musim dingin di Polandia, Taman Nasional Tatra mengalami salju lebih intens dan awet. Bagi hiker amatir, apalagi sambil menggendong anak, semua track di pegunungan Tatra sangat tidak disarankan. Kami pernah ke Morskie Oko dan berakhir pegal linu berhari-hari. Lebih baik ngadem di Zakopane, nyemil-nyemil cantik makan keju oscypek bakar dengan saus cranberry, enak sekali!

6. Wroclaw
Berada jauh di Barat Warsaw, Wroclaw tidak kalah cantik. Ada kota tua dan Ostr贸w Tumski, pulau katedral yang lebih tua. Tentang Wroclaw saya tulis di sini

Ostr贸w Tumski

Selain enam kota di atas, banyak kota lain juga menarik. Poznan, Torun, dan Zamo艣膰 di Lublin pun memiliki kota tua cantik yang layak dikunjungi dan dijelajahi. Adakah preferensi lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar