Minggu, 23 Maret 2014

Pierogi

Melanjutkan pembahasan makanan. Jika ditanya makanan khas Polandia, sebagian besar setuju pierogi. Pierogi berarti festival, sehingga biasa dihidangkan saat istimewa semisal natal. Adonan terigu berisi kentang, sayuran, daging, keju, atau buah yang direbus kemudian digoreng. Bentuknya setengah lingkaran, mirip kue pastel. Selain pasti tertera di menu di semua restoran Polandia, pierogi beku juga mudah ditemukan di supermarket.





Pierogi dapat diisi satu atau gabungan kentang tumbuk, bawang, keju, (kombinasi ketiganya populer, ruskie) kol, asinan kol, daging cincang, jamur, bayam, atau lainnya. Pierogi sebagai dessert dapat diisi selai atau buah segar seperti ceri, stroberi, rasberi, blueberry, persik, plum, dan apel. Adonan biasanya ditambahkan kentang supaya teksturnya halus dan krim supaya lembut.

Beberapa buku masak abad ke-17 menunjukkan bahwa pierogi adalah makanan pokok orang Polandia dan setiap hari libur memiliki satu jenis pierogi khusus, misalnya pierogi khusus natal yang berbeda dengan pierogi paskah, pierogi musim dingin, pierogi pada acara pernikahan dan berbeda juga pierogi untuk acara berkabung. Karena dianggap sebagai hidangan nasional, pierogi disajikan di banyak festival budaya. Bahkan ada festival pierogi di Krakow pada hari St Hyacinth yang pada tahun 2007 menghidangkan 30.000 pierogi. Mungkin pierogi adalah satu-satunya makanan yang memiliki santo pelindung, St Hyacinth "Swiety Jacek z pierogami!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar