Rabu, 08 Agustus 2012

Wisata Taman di Warsaw #2

Menyambung artikel sebelumnya, Wisata Taman di Warsaw #1, berikut adalah review beberapa taman yang lain, masih versi saya.

Praski Park dan Kebun Binatang
di Praga, ulica Ratuszowa
Awalnya, taman Praski sangat luas, menyempit karena kini sebagian besar ditempati Kebun Binatang. Di samping kebun binatang terdapat 'miski' (beruang coklat) dengan taman bermain anak. Terdapat juga patung jerapah sebagai hadiah untuk anak-anak di Warsaw. Taman ini adalah taman paling modern di sisi sungai Vistula yang banyak dikunjungi, terutama pada summer.
Sedangkan kebun binatang mungkin bukan taman publik karena dikenai biaya masuk, terakhir ke sana per orang 17 zl. Ada apa di sana? Ya seperti kebun binatang pada umumnya, dengan 5000 binatang dan 500 spesies berbeda. Bagi turis yang hanya sebentar di Warsaw, mari mencari objek wisata lain.


patung jerapah di taman Praski


jerapah sungguhan di kebun binatang


Skaryszewski Park
di Praga, aleja Zieleniecka
Taman ini memenangkan kompetisi taman terbaik di Polandia pada 2009. Tentu karena merupakan area yang sangat luas, berbukit-bukit, lengkap dengan air terjun artifisial, danau Jeziorko Kamionkowskie, dikelilingi pohon dan tanaman yang kaya dan berwarna, serta banyak patung menarik dari abad ke-20. Berbagai aktivitas menyenangkan dapat berlangsung di sana; naik perahu, bermain sepeda, roller blade, termasuk belajar menggunakannya untuk anak-anak, serta merupakan pusat perawatan kuda. Seperti di Lazienski, kalau datang ke taman ini sebaiknya membawa kacang untuk diberikan pada tupai. Oia jika malam hari bisa menonton konser dan festival film yang konon sangat ramai.


berasa di ciater :p

taman Skaryszewski bersebelahan dengan stadion Warsaw


Morskie Oko Park
di Mokotów, ulica Puławska
Taman sejuk ini dahulunya merupakan kompleks kebun dan istana yang romantis. Setelah Perang Dunia II, hanya tersisa istana Szustra: rumah Gothic (Gołębniki House) dan rumah Mauretański di sisi jalan Pulawska yang kondisinya sudah rapuh. Setiap jam 5 sore Mokotowska March dimainkan di rumah Gothic untuk mengenang Warsaw Uprising. Sedangkan tamannya yang lapang dan berbukit-bukit sangat nyaman untuk jalan-jalan. Morskie Oko sendiri berarti mata laut. Menurut legenda, danau kecil di taman ini dibuat dengan menggali tanah, mengisinya dengan air, dan di dasar danau terdapat tank peninggalan perang. Meskipun para penyelam telah menemukan banyak kendaraan dan objek lain, tetapi tank tersebut tidak pernah ditemukan.


danau yang konon 'menelan' tank

istana Szustra


Pole Mokotowskie Park
di Śródmieście, Aleje Niepodległości
Inilah kompleks taman yang sangat luas meliputi tiga distrik: Mokotów, Ochota dan Śródmieście, melalui sepanjang jalan Żwirki i Wigury hingga Waryńskiego. Sebelum Perang Dunia II, kompleks seluas 200 hektar ini berfungsi sebagai lapangan udara (sekarang di Okecie), kebun, dan pacuan kuda (sekarang di Służewiec). Monumen mengenai sejarah lapangan udara taman ini masih terdapat di sini, selain monumen anjing (Pomnik Szczęśliwego Psa) yang banyak disukai anak-anak. Taman ini sangat penting menyediakan udara yang mengalir bebas ke jalan dan perkotaan di sekitarnya. Selain itu, di sinilah kawasan hijau untuk rekreasi dan berolahraga, dengan boulevard, jalur sepeda dan berjalan kaki yang luas, juga air mancur dan danau yang besar. Saat cerah ratusan orang terlihat berjemur dan piknik di rumput. Banyak acara diselenggarakan di taman ini; konser sepanjang tahun, piknik Hari Bumi setiap april dan piknik Hari Anak setiap 1 April.


taman yang sangat lapang

danau, biasanya untuk mandi anjing

5 komentar: