Selasa, 08 Juli 2014

Filtry di Filtrowa

Tulisan mellow menjelang pulang. Mungkin Filtry ini akan teramat ngangenin. Dua setengah tahun memandangi terakotanya setiap waktu, lengkap dengan tram-tram lewat di depannya, dengan Palace Culture and Science menjulang di belakangnya. Tetangga seberang rumah itu memang cantik sekali.

menjelang senja dari jendela

Kebutuhan air bersih yang mendesak bagi kota Warsaw melatarbelakangi pembangunan Filtry pada tahun 1881 oleh walikota Warsaw, Socrates Starynkiewicz --Starynkiewicza kini adalah nama square, katedral, dan rumah sakit di sekitar Filtry, menjadi satu dari sedikiiit sekali nama Rusia yang masih dipertahankan di Polandia--. Desainnya dikerjakan oleh William Lindley dan putranya William Heerlein Lindley, insinyur Inggris. Menggunakan pasir, granit, dan bata istimewa (anti-air, anti-lembab, anti-bakar) yang mahal di tengah rakyat yang miskin, tentu pembangunan Filtry menuai protes. Namun dengan keteguhan Sang Walikota, Filtry rampung. Inilah sistem pengolah air yang berkualitas tinggi sekaligus kompleks bangunan yang mewah.

Sekarang Filtry Lindleya merupakan salah satu monumen bersejarah dan warisan budaya nasional Polandia. Pengin sekali bisa masuk melihat di dalamnya, kalau saja antriannya lebih manusiawi dibanding cerita ini.

2 komentar:

  1. Selamat malam teh,,
    saya teguh ilham, calom mahasiswa s2 di univ.warsaw, mulai masuk kuliah 1 oktober ini. saya sangat butuh sekali pencerahan dr teh iis krn saya belum menemukan kenalan mahasiswa s2 indonesia disana.

    fb saya teguh ilham simabua
    email praja.ilham@gmail.com

    atau saya minta alamat email atau fb teteh ya, biar saya yang add.

    mksh teh..
    salam kenal.

    BalasHapus
  2. Hai Teguh, salam kenal.

    Buat tanya2 boleh email sy iis.fatma@gmail.com
    Kalau mau kenalan dg teman2 lain jg bisa search grup di facebook: PPI Polandia

    Sampai ketemu di Warsaw ;)

    BalasHapus