Sabtu, 17 Agustus 2013

Air Minum di Warsaw

Penting ya membahas air minum? Saya juga ga yakin ini penting siy. Tapi saya berkali-kali menemukan topiknya, di forum di internet, pertanyaan teman-teman yang baru datang. Alih-alih membahas konflik Mesir atau konspirasi iluminati freemason, saya menulis yang sederhana ini saja.

Seperti di Indonesia, orang-orang di Polandia pun berbeda dalam hal memilih air minum. Ada yang hanya merebus air keran. Sementara sebagian lain akan mengeluh sakit perut, tidak percaya kualitas air di Warsaw. Sebagian lain ini harus selalu beli air kemasan, bahkan untuk anjingnya.


Filtry Lindleya, tempat pengolahan air di Warsaw.
difoto dari balkon tempat tinggal kami


Air kemasan tentu saja boros. Satu galon ukuran 5 liter, merk zywiec zdroj yang paling direkomendasikan, berharga sekitar Rp 22ribu di warung dekat rumah. Harga supermarket akan sedikit lebih murah, tapi tambahan olahraga-angkut-beban-jarak-jauh bisa menyebabkan encok semalaman. Pilihan galon besar yang seperangkat dispenser mungkin lebih baik, bisa berlangganan diantar ke rumah. Meski tetap tidak murah.

Sebenarnya pihak pengolah air mengklaim air keran di Warsaw memenuhi kualifikasi layak langsung diminum. Bagi yang "setengah" percaya, perlu memfilternya lagi demi kepuasan batin menghilangkan chemical berbahaya. Teko filter skala rumah tangga mudah ditemukan di supermarket dengan harga beragam, bagian filternya bisa diganti secara berkala. Sedangkan demi menghilangkan bakteri, jamak orang merebus dulu air.

Saya lebih suka membahas pilihan terakhir. Warsaw menyediakan air minum gratis. Pada musim panas di taman besar pasti ngetem mobil tangki "woda dla Warszawy". Seorang bapak petugasnya mengisi gelas-gelas plastik, membagikan kepada pengunjung taman. Maka, meski hari sangat panas, tidak akan ada orang pingsan kehausan.

mobil penyedia air minum gratis


Selain air di mobil tangki, disediakan juga semacam sumur mata air di setiap area. Bukan sumur siy, karena berupa bangunan kecil dengan keran-keran berjejer. Siapapun boleh mengambil air, membawa pulang semampunya, gratis. Mengambil air di sumur begini jelas hemat serta rasanya lebih baik dibandingkan air di wastafel.

Nah, jadi kalau tinggal di Warsaw tinggal ketikkan alamat di sini, atau cari daftar sumur terdekat di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar